Powered By Blogger

Sabtu, 30 April 2011

Grammy teknik untuk empu guitar les paul

Pernah ngeliat gitar kayu padat tanpa bolongan atau rongga layaknya gitar bolong ? Dulu, gitar dengan body masif alias tanpa rongga sama sekali ini dicemooh dan diejek habis-habisan. Penciptanya, Les Paul yang juga seorang musisi jazz kenamaan, ditertawakan dan diejek main gitar balok. Bahkan Gibson, perusahaan gitar sohor geli melihat gitar Les Paul. Mereka menamakannya 'gagang sapu'.

Revolusi gitar Les Paul akhirnya meledak ketika Gibson menyadari potensi gitar milik Les ini. Terlalu banyak gitaris yang kemudian fanatik dengan gitar Les. Beberapa saja tersebutlah nama Eric Clapton, Jeff Beck, Jimmy Page, Garry Moore hingga Slash dari Gun'N Roses. Paul McCartney juga menggunakan bas elektrik Les Paul.

Les Paul adalah empu gitar. Ia pembuat dan penemu gitar dengan namanya sendiri : Les Paul. Untuk karya revolusionernya ini NARAS lembaga penyelenggara Grammy Awards akan memberikan anugerah khusus Technical Grammy 2001 di acara Grammy Awards. Sebuah Penghargaan yang dikhususkan untuk perorangan/grup atau perusahaan yang memberi kontribusi dengan penemuan teknologi yang amat berarti bagi dunia musik. Selain Les, Technical Grammy juga akan diberikan kepada pabrik pembuat software DigiDesign.
"Dua 'raksasa' ini memungkinkan generasi sesudahnya baik artis, produser, maupun ahli teknik, mengembangkan kreativitas di bidang musik," kata presiden NARAS, Michael Greene.
Ide Les Paul sendiri mula-mula muncul karena prihatin dengan suara gitar yang tenggelam di tengah bunyi instrumen lain dalam sebuah big band. 

Menurutnya gitar tak bisa lagi mengandalkan rongga sebagai satu-satunya sumber bunyi. Selain gitar, Les juga dikenal rajin bereksperimen. Salah satunya rekaman dengan multi-track.
Gibson bersama Les Paul kemudian menelurkan sejumlah model gitar yang kini dipakai hampir semua kalangan dari berbagai jenis musik.

0 komentar:

Posting Komentar